Implementasi IoT Pada Perangkat/Alat

 Sebelum berbicara mengenai implementasi dari IoT, sebaiknya kita paham akan apa itu IoT. IoT adalah singkatan dari Internet of Things yang bermaksud pada sebuah konsep yang mana memungkinkan alat alat atau perangkat untuk terhubung antar perangkat ataupun manusia ke internet. Jadi, internet bukan hanya di akses melalui smartphone ataupun pc namu alat/perangkat yang ada sehari hari dapat dikoneksikan ke internet dan dapat diberi perintah sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

 IoT diperkirakan akan terus berkembang dan dilihat sejauh ini perkembangan dari IoT ini sangatlah pesat. Iot sendiri sangat membantu dalam kehidupan sehari hari karena dapat memberikan informasi yang diperlukan. IoT telah digunakan pada bidang pelayanan masyarakat, rumah(smart city) hingga industri.

Contoh contoh implementasi dari IoT:

1. IoT pada bidang keamanan
 Smart door lock
Fitur keamanan ini akan mengenali pemilik rumah atau orang orang yang di beri akses pintu rumah dengan cara mengenali informasi seperti Ip pada ponsel dan lainnya atau menggunakan perintah pada aplikasi tertentu. Kunci pintu ini tidak memerlukan kunci fisik (logam) tradisional yang biasa di gunakan. sehingga kunci ini akan sulit untuk dibobol dengan kekerasan dan akan memberitahu apabila terjadi kerusakan.

2.IoT pada bidang transportasi
 wireless zigbee traffic light


 Seperti yang terlihat pada gambar diatas, sistem traffic light alias lampu merah ini akan memantau keadaan lalu lintas dan menyesuaikan dengan keadaan. Seperti  keadaan saat tengah malam yang sepi lalu lintas maka lampu merah akan berubah lebih cepat dibandigkan saat macet atau lalu lintas padat. Sistem ini juga dapat mengukur kecepatan ,kepadatan dan peformansi traffic di sekitar.

3.IoT Pada bidang infrastruktur
Smart electricity metering infrastructure
Seperti yang kita ketahui meteran listrik ini akan mengirimkan informasi sendiri ke pusat atau PLN. Jadi para pekerja PLN tidak perlu melakukan kontrol kelapangan karena meteran ini sendiri akan mengirimkan informasi tentang pemakaian listrik dan informasi dari perangkat sendiri. Komunikasi pada meteran lisrik ini tidak memerlukan koneksi wifi lan atau yang lainnya karena sekarang telah dikembangkan komunikasi data menggunakan jala jala listrik dari PLN (220 volt).


 Masih banyak implementasi yang telah diterapkan dan akan masih banyak lagi yang sedang dikembangkan sehingga IoT dapat diperkirakan akan sangat banyak di temukan dimasa yang akan datang. Pesatnya perkembangan IoT ini didorong oleh kemudahan dan manfaat yang diterima oleh manusia. Sehingga dapat dikatakan wajar saat teknologi perangkat IoT dapat berkembang sangat pesat.

 Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih telah membaca blog ini.
Wassalam.

Komentar