Aplikasi Kontrol LED dengan Input Suara

Pada kali ini kita akan mencoba menghidupkan dan mematikan LED menggunakan PERINTAH SUARA yang telah kita tetapkan seperti "LED hidup" dan "LED mati". Pada dasarnya banyak sekali implementasi dari kontrol suara yang akan kita gunakan dengan mikorokontroller android ini, namun pada kali ini akan mencoba padahal sangat sederhana. Pada blog sebelumnya telah dijelaskan tentang voice recognizer pada MIT yang mana cara ini secara tidak langsung akan di terapkan disini. Proses kontrolnya ialah suara pengguna akan di recognize/dimengerti oleh software pada mikrokontroller. Setelah dimengerti maka akan mengaktifkan/menghidupkan LED berdasarkan Voive/suara yang diterima.



Berikut Langkah langkahnya:

1. Buatlah new project pada matlab baru. Kurang lebih seperti Percobaan kontrol arduino dan di beri Voice recognizer sebagai pengganti tombol

2. Programlah MIT tersebut pada block MIT


3. buatlah program untuk mikrokontroller Arduino


4. masukan Program tersbut dan compile pada mikrokontroller

5.untuk menghubungkan android dengan arduino maka dapat menggunakan bluetooth, hubungkan bluetooth android dengan bluetooth arduino maka pengontrolan hidup mati led dengan suara dapat melalui aplikasi pada android.

5. selesai

Komentar