Penyedia Pelayanan (Cloud) Untuk Penggunaan IoT



 Berkembangnya pengunaan/ implementasi IoT belakangan ini mendorong banyak perusahaan maupun perseorangan untuk menciptakan jasa layanan/cloud yang dikhususkan untuk penggunaan IoT. Saat ini kita dapat menemukan beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan secara gratis (free), berbayar(paid) maupun gratis namun berbayar untuk tingkatan lebih ke atas atau lebih mendalam. Tentu saja untuk yang menggunakan aplikasi berbayar akan disuguhkan dengan fitur yang lebih lengkap dari pada yang gratis.
Berikut ialah contoh dari aplikasi yang menyediakan Cloud ataupun aplikasi untuk pemgimplementasian IoT yang cenderung versi gratis (free):

Azure



Azure adalah seperangkat layanan awan yang komprehensif yang digunakan pengembang dan profesional TI untuk membangun, menerapkan, dan mengelola aplikasi melalui jaringan pusat data global kami. Alat terpadu, DevOps, dan pasar mendukung dalam membangun sesuatu secara efisien dari aplikasi mobile sederhana ke solusi skala internet.


Amazon Web Service


Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, namun sekarang Amazon telah menambah layanannya dalam hal infrastrutktur cloud computing.

IBM BlueMix

IBM Bluemix merupakan layanan Cloud - Platform as a Service, yang berfungsi sama seperti Google App Engine (Google), Microsoft Azure (Microsoft), Heroku (Salesforce), dan Amazon Web Service (Amazon). Bluemix dapat menjalankan berbagai aplikasi seperti website, mobile, big data, dan smart devices. Bluemix telah ada sejak Februari lalu, dan pada bulan April tahun ini ada update yang masif. IBM menambahkan banyak services (lebih dari 30 service). Engine dari Bluemix sendiri berbasiskan Cloud Foundry, yaitu open source project untuk membangun layanan Cloud PaaS.

Alibaba Cloud

Layanan Alibaba Cloud sendiri, saat ini sudah digunakan lebih dari 1.8 juta bisnis, dan rata-rata adalah startup digital. Didukung lebih dari 2.000 pekerja dan 900 ahli di bidang cloud computing, Alibaba Cloud dipersonalisasi dengan kebutuhan bisnis berkembang yang cukup dinamis. Alibaba Cloud juga berusaha memastikan keandalan layanan dengan selalu menggunakan teknologi, baik hardware server dan jaringan, maupun perangkat lunak teranyar.

Produk cloud yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari untuk kebutuhan server (berupa virtualprivate cloud, compute service dan load balancer), layanan basis data, storage dan CDN, hingga layanan manajemen dan keamanan. Sistem keamanan yang ditawarkan termasuk Anti-DDoS, yang siap melindungi bisnis dari serangan siber yang dewasa ini cukup meluas di kalangan pebisnis online. Pun demikian, sistem juga dilengkapi dengan layanan cloud monitor untuk memastikan tim IT bisnis selalu dapat memantau performa sistem dengan baik.


Sekian yang dapat saya sampaikan. terimakasih telah membaca

Komentar