Rangkuman 2 Paper

Assalamualaikum..

 kali ini saya akan merangkum 2 paper yang menarik dan semoga dapat bermanfaat dengan ilmu yang didapat dari rangkuman paper ini. Paper paper ini menyangkut tentang sensor ketinggian berdasarkan sensor tekanan BMP085.

Baiklah kita mulai dari paper yang pertama...


1 .Judul: Implementasi Sistem Pengukur Ketinggian Berdasarkan Sensor Tekanan BMP085
2.Pendahuluan
 Positioning menggunakan GPS telah digunakan secara luas diseluruh dunia. Namun masih banyak kekurangan pada GPS konvensional salah satunya ialah pengukuran ketinggian yang terkadang error, sinyal yang diterima kurang ataupun yang kurang akurat dan lain lain. Dengan maraknya Micromechanical Systems (MEMS) maka teknologi ini dapat disematkan sehingga teknologi GPS semakin lebih baik lagi salah satunya menggunakan sensor BMP085 . Dan ada kemungkinan dapat digunakan pada teknologi lain selain GPS.
3 Metode Penelitian
 Desain yang digunakan menggunakan module sensor BMP085, STM32F103RCT6 microprossesor, power supply dan lain lain.



Nilai yang diterima dari sensor akan di olah pada microprocessor yang ditenagai oleh sebuah powersupply. Nilai yang telah diolah akan dikirimkan dalam bentuk informasi ke pada pc sebagai interface pada user atau manusia tersebut. Berikut desain lengkap rangkaian yang digunakan pada penilitian ini:



Seperti yang telah disampaikan data/informasi yang diterima oleh module BMP085 akan diolah lagi sedemikian hingga akhirnya dapat di lihat pada PC sebagai interface. Berikut flowchart cara kerja pengolahan informasi tersebut:



Berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya dan berdasarkan sumber sumber yang bersangkutan mengenai penelitian ini, maka telah diketahui cara perhitungan yang seharusnya dilakukan. Berikut rumus yang digunakan pada program:





Ps adalah tekanan statis atmosfer
Pb adalah tekanan atmosfer diatas permukaan laut
Hb adalah ketinggian dari permukaan laut
R adalah konstanta udara
Gn adalah standard akselerasi dari freefall (gaya saat terjun bebas /jatuh)
Tb  adalah tempratur atmosfer
Dan r adalah radius dari bumi
Nilai yang digunakan pada peritungan ini adalah Pb=101325Pa, Hb=0m, R=287.05287m2/k·s2,  gn=9.80665 m/s2, Tb=288 K=15’C,  dan r=6356766 m.
Namun pada buku panduan dari BMP085 saat range altitude pada 0-11000m maka digunakan rumus:



P0 = standard tekanan atmosfer ( yang digunakan pada uji coba p0=101325Pa )
P =
Formula tersebut menghasilkan altitude diatas permukaan laut.
2.4 Hasil penelitian
Hasil coba yang dipaparkan ialah hasil uji coba pada sebuah gedung dengan pengambilan data 2 kali namun terdapat data yang diambil 2 kali namun dalam periode yang berdekatan. Langkah awal yang harus dilakukan ialah melakukan pengukuran awal yakni ketinggian tanah berdasarkan ketinggial dari permukaan laut. Lalu saat data pengukuran didapat, terlihatlah selisih data dan tinggi tanah ground. Berikut data yang didapat:




5  Analisa dan Kesimpulan
Berdasarkan data hasil uji coba yang dilakuan, terlihat bahwa masih terdapat error yang didapat dari pengukuran yang dilakukan menggunakan module BMP085. Error yang terjadi dapat disebabkan oleh banyak factor seperti salah pada pemograman, kalibrasi yang kurang teliti, keadaan atmosfer, cuaca dan lain lain.
Pengukuran ketinggian menggunakan sensor tekanan BMP085 telah dipaparkan termasuk rancangan hardware dan software, cara kerja secara sistematis dari alat yang digunakan dan lain lain. Kalkulasi yang digunakan telah banyak ditelaah sehingga tidak membebani microprocessor namun tetap memberikan hasil maksimal.  Jika dilihat dari data maka error tertinggi yang didapat ialah 0.4m dan dapat disimpulkan bahwa alat ini dapat di aplikasikan pada teknologi lainnya seperti GPS. System MEMS yang telah di uji coba ini memiliki beberapa keunggulan seperti ukuran yang kecil, mudah dibawa, presisi dan lain lain. Periset mengharapkan dapat diaplikasikan pada bermacam bidang seperti militer, industry dan lain lain.
Riset yang dilakukan berdasarkan izin atau sepengetahuan Zhejiang public welfare technology application research project No.2015C33023, 2017 Zhejiang college students science and technology innovation activity plan.



sedangkan untuk paper yang kedua...




1 . Judul: IMPLEMENTASI SENSOR BMP085 PADA QUADCOPTER BERBASIS MIKROKONTROLER

2.Pendahuluan



Sensor BMP085 adalah sensor untuk mengukur tekanan udara (barometer) dengan nilai output berupa satuan Pa (pascal). Dengan memanfaatkan tekanan udara berdasar ketinggian terhadap permukaan laut, maka sensor ini juga dapat mengukur ketinggian (altimeter). Sensor BMP085 ini mendeteksi ketinggian obyek dengan cara memanfaatkan tekanan udara saat berada di atas udara dalam suatu wilayah tertentu. Jadi semakin tinggi suatu tempat maka semakin sedikit jumlah udara di atasnya dan menjadikan tekanan udara menjadi sedikit.Dari nilai tekanan udara itulah sensor dapat mengukur ketinggian secara akurat..Alat ini beroperasi dengan menggunakan sensor bmp085 yang pengukurannya dengan mengambil nilai tekanan udara lalu dihitung menjadi nilai ketinggian dan menggunakan mikrokontroler sebagai otak pemrograman

3 Metode Penelitian
A. Eksperimen
Metode yang digunakan peneliti adalah merancang sebuah perangkat keras yang dapat mengukur ketinggian dengan menggunakan sensor BMP085 (baromatic meter pressure) memanfaatkan mikrokontroler arduino dan melakukan percobaan dengan tujuan untuk mengetahui apakah alat berfungsi sesuai atau tidak. Alat akan diimplementasikan kesebuah pesawat terbang tanpa awak atau lebih jelasnya quadcopter, jika alat pengukur ketinggian dengan menggunakan sensor BMP085 ini berfungsi dengan baik.
B. Blok Diagram



4. Implementasi
A.pengoperasian Alat

1.Power atau battery sebesar 9 Volt berfungsi untuk mengaktifkan arduino karena sesuai penjelasan pada Bab II bahwa arduino merupakan komputer mini (mempunyai operasi sistem sendiri) oleh karena itulah mengapa arduino butuh daya sendiri.
2. Mengukur ketinggian dengan menggunakan sensor BMP085, dengan cara kerja sensor yaitu mengukur tekanan udara dan menghasilkan ketinggian dari permukaan laut. Kemudian mengamati output atau keluaran dari sensor tersebut yaitu berupa nilai ketinggian dan nanti akan ditampilkan pada laptop.
3. Letakkan FC di bagian tengah frame dan rekatkan FC agar sensor gyro beserta accelometer yang terdapat di FC bisa berjalan. Selain itu, letakkan bagian depan FC sesuai dengan posisi depan frame yang bertujuan untuk mengetahui bagian depan dari quadcopter.
4. Hasil dari sensor akan diproses oleh arduino untuk mendapatkan nilai ketinggian dari permukaan daratan lagi bukan dari permukaan laut.
5. Setelah hasil nilai ketinggian dari daratan berhasil didapatkan maka dibutuhkan bluetooth modul sebagai via komunikasi alat pengukur ketinggian dengan laptop.

B. Pengujian Alat

5. Kesimpulan dan Saran
A.Kesimpulan
1. Pengujian terhadap sensor BMP085 menghasilkan nilai tekanan udara, dikarenakan sistem kerja utama dari sensor BMP085 adalah pengukuran tekanan suhu udara. Dengan hal itu juga sensor BMP085 ini pun bisa mengukur ketinggian dengan mengkonversi nilai tekanan udara yang bersatuan pascal (Pa) menjadi nilai ketinggian.
1. Pengujian terhadap sensor BMP085 menghasilkan nilai tekanan udara, dikarenakan sistem kerja utama dari sensor BMP085 adalah pengukuran tekanan suhu udara.
2. Program yang diuji pada arduino uno berjalan dengan baik sehingga dalam proyek alat yang lain bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
3. Jarak ketinggian yang dihasilkan oleh sensor dari nilai tekanan udara yaitu berupa nilai ketinggian dari atas permukaan laut sehingga saat percobaan pada daratan dengan jarak 0 cm maka hasil pengukurannya berbeda yaitu lebih tinggi.
4. Output tampilan nilai ketinggian ini menggunakan aplikasi bluetooth terminal pada handphone android.


B.Saran
1. Karena masih berupa alat pertama menggunakan sensor BMP085 maka bisa diharapkan untuk mendapatkan hasil nilai ketinggian dari permukaan laut lebih baik lagi dengan mempelajari coding sensor lebih mendalam.
2. Karena menggunakan Bluetooth modul yaitu dapat beroperasi dalam jarak tertentu karena Bluetooth modul mempunyai jarak tersendiri sehingga membuat saat pemasangan pada quadcopter tidak dapat terbang lebih jauh atau lebih tinggi.
3. Untuk mengembangkan lagi penelitian ini di sarankan menggunakan wifi modul agar lebih baik dan jangkauannya lebih luas.

Komentar