Rangkuman Paper ke-IV

Assalamualaikum...

Kali ini saya akan kembali memberikan rangkuman dari 2 paper yang saya baca. Paper ini sangat menarik menurut saya dan banyak ilmu yang saya dapat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi yang membaca.

Baiklah, berikut rangkuman paper yang pertama....


PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SENSOR PARKIR
PADA MOBIL MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK

Rudy Susanto1 ; Yohannes Kristanto2 ; Sonny Ridwanto3 ; Diptyo Hisnuaji4

Pengemudi mobil sering kali mengalami kesulitan untuk memarkir mobil di lokasi sempit, karena lahan parkir yang semakin berkurang serta tidak sedikit mobil yang menabrak tiang listrik atau menggores tembok ketika mundur. Penyebabnya adalah pengemudi tidak mengetahui kondisi di belakang kendaraan karena keterbatasan pandangan. Penelitian bertujuan membuat sistem yang dapat mempermudah pengemudi memarkir mobil, yaitu dengan menggunakan sensor parkir ultrasonik. Metode yang dipakai dalam perancangan sensor parkir ini adalah memanfaatkan sensor ultrasonik untuk mendeteksi dan mengukur jarak mobil dan penghalang dengan menggunakan mikrokontroler AT89S52 sebagai pengendali utama sistem. 

 

  Dari analisis yang dilakukan, dihasilkan bahwa sensor ultrasonik cukup efektif dalam pengukuran pada jarak 2 cm – 30 m. Disimpulkan, sensor ultrasonik cukup efektif untuk diimplementasikan pada sensor parkir. Namun maaf kali ini saya tidak memberikan penjelasan lebih mengenai metodologi, uji coba implementasi dan hal hal detail lainnya.

Bailah, kemudian berikut paper kedua yang juga sangat menarik

MELAKSANAKAN I2C PROTOKOL KOMUNIKASI DI LABVIEW

E. Lunca, A. Salceanu, M. Cretu

I2C adalah komunikasi 2 jalur , berkecepatan rendah hingga menengah. I2C akan diimplementasikan menggunakan aplikasi Labview yang merupakan aplikasi pemograman yang paling populer untuk aplikasi pengukuran dan sistem kontrol. I2C menggunakan PC sebagai interface menggunakan port parallel dan telah diaktifkan VI(virtual interface) sehingga memungkinkan pengujian berbagai perangkat atau pengembangan berbasis PC sebagai log data dan pencatat solusi.
 
Setelah dilakukan uji coba, didapatkan analisa dan kesimpulan dari data hasil percobaan. Walaupun banyak interface yang terhubung dan juga parallel port yang masih memiliki kekurangan, cara ini merupakan solusi yang simpel namun mampu mengimplementasikan protokol digital seperti I2C.


 

Terimakasih telah menyempatkan diri anda untuk membaca blog ini. Mohon maaf atas kekurangan yang ada dan semoga dapat bermanfaat.

Wassalam....

Komentar