Smart Business Map
PLAYING
FIELD
1. What is
the problem your business is trying to solve?
Limbah
karet
2. Who has
the problem?
Perusahaan
dan para pelaku usaha karet
3. What is
the solution?
Pengolahan
limbah karet menjadi minyak tanah dan solar
4. How Big
is the Market?
Solusi ini
dapat digunakan pada seluruh perusahaan karet bukan hanya di Indonesia namun
tidak menutup kemungkinan luar negeri selama itu menyangkut industry karet
5. What
Factors will impact the business?
Hal yang dapat
mempengaruhi pengolahan limbah karet adalah regulasi dari pemerintah dan
kebijakan kebijakan para pengusaha karet dan perkembangan pasar
MARKET
LANDSCAPE
6. Why do
people choose you?
Selain
menghilangkan “limbah” yang terbuang dan tidak mempunyai nilai, solusi ini
dapat menghasilkan minyak tanah ataupun solar yang memiliki nilai jual
7. How do
you sell your products?
Solusi ini
dapat dipasarkan dengan menggunakan iklan di media social. Namun pada tahap awal
dapat dilakukan uji coba pada salah satu industry karet yang kemudian dapat
menjadi contoh untuk industry karet lainnya.
8. How do
you keep your customer?
Kostumer ditawarkan
pemasaran kembali limbah yang telah diolah kembali menjadi minyak tanah dan
solar sehingga kostumer yang telah menjadi pelanggan tetap akan merasa diuntungkan.
OPERATIONAL
PROFITABILITY
9. How do
you increase your revenue?
Revenue dapat
dicapai dengan menjual kembali limbah yang telah diolah dan mebuat pasar baru
untuk hasil pengolahan limbah seiring dengan solusi pengolahan limbah berjalan.
10. How do
you manage your cost?
Untuk memanage
cost, pengolahan limbah karet akan menjadi focus utama. Setelah didapat
keuntungan yang cukup, lalu dibuat pasar hasil olahan limbah yakni minyak tanah
dan solar
11. What is
your Core Resources?
Resource utama
bisnis ini adalah pabrik dan perlengkapan pengolahan limbah karet
12. How do
you develop your team?
Pada tahap
awal sdm akan difokuskan pada pengolahan limbah pada suatu daerah. Lalu sdm
akan dikembangkan untuk tim pemasaran hasil olahan limbah. Setelah berhasil di
suatu daerah, bisnis dapat dikembangkan kedaerah lainnya dengan cara yang sama
Komentar
Posting Komentar