Smart Business Map


PLAYING FIELD

1. What is the problem your business is trying to solve?
Limbah karet
2. Who has the problem?
Perusahaan dan para pelaku usaha karet
3. What is the solution?
Pengolahan limbah karet menjadi minyak tanah dan solar
4. How Big is the Market?
Solusi ini dapat digunakan pada seluruh perusahaan karet bukan hanya di Indonesia namun tidak menutup kemungkinan luar negeri selama itu menyangkut industry karet
5. What Factors will impact the business?
Hal yang dapat mempengaruhi pengolahan limbah karet adalah regulasi dari pemerintah dan kebijakan kebijakan para pengusaha karet dan perkembangan pasar
MARKET LANDSCAPE

6. Why do people choose you?
Selain menghilangkan “limbah” yang terbuang dan tidak mempunyai nilai, solusi ini dapat menghasilkan minyak tanah ataupun solar yang memiliki nilai jual
7. How do you sell your products?
Solusi ini dapat dipasarkan dengan menggunakan iklan di media social. Namun pada tahap awal dapat dilakukan uji coba pada salah satu industry karet yang kemudian dapat menjadi contoh untuk industry karet lainnya.
8. How do you keep your customer?
Kostumer ditawarkan pemasaran kembali limbah yang telah diolah kembali menjadi minyak tanah dan solar sehingga kostumer yang telah menjadi pelanggan tetap akan merasa diuntungkan.
OPERATIONAL PROFITABILITY

9. How do you increase your revenue?
Revenue dapat dicapai dengan menjual kembali limbah yang telah diolah dan mebuat pasar baru untuk hasil pengolahan limbah seiring dengan solusi pengolahan limbah berjalan.
10. How do you manage your cost?
Untuk memanage cost, pengolahan limbah karet akan menjadi focus utama. Setelah didapat keuntungan yang cukup, lalu dibuat pasar hasil olahan limbah yakni minyak tanah dan solar
11. What is your Core Resources?
Resource utama bisnis ini adalah pabrik dan perlengkapan pengolahan limbah karet
12. How do you develop your team?
Pada tahap awal sdm akan difokuskan pada pengolahan limbah pada suatu daerah. Lalu sdm akan dikembangkan untuk tim pemasaran hasil olahan limbah. Setelah berhasil di suatu daerah, bisnis dapat dikembangkan kedaerah lainnya dengan cara yang sama

Komentar